NILAI-NILAI SUMBER DAYA ALAM DI HUTAN DESA AINIUT



Pada awal kebudayaan manusia, perubahan pada lingkungan oleh aktivitas manusia masih dalam kemampuan alam untuk memulihkan diri secara alamiah, tetapi aktivitas manusia makin lama makin menimbulkan banyak perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang sudah terjadi sering masih dapat ditoleransi oleh manusia karena dianggap tidak menimbulkan kerugian pada manusia secara jelas dan berarti. tetapi perubahan yang makin besar akhirnya akan menimbulkan kerugian bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, kesejahteraan dan bahkan  keselamatan dirinya.
Di negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia, tingkat kesejahteraan masih rendah. Karena itu pembangunan perlu dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan rakyat. Dengan adanya pembangunan akan terjadi kerusakan lingkungan yang akan menjadi makin parah seiring berjalan waktu. Akan tetapi pembangunan juga dapat dan telah menyebabkan kerusakan lingkungan. Untuk menghindari itu, pembangunan harus berwawasan lingkungan sehingga terjadi berkelanjutan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang tidak bisa ditoleransi oleh lingkungan maka upaya konservasi sumber daya alam menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan baik oleh pemerintah maupun masyarakat didalamnya.
Sumber daya alam merupakan segala sesuatu  yang berasal dari alam yang dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan manusia yang tergolong didalamnya tidak hanya komponen biotik , seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme tetapi juga komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, tanah , dan lain - lain. Hutan  merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki keanekargaman hayati yang tinggi. Hutan memiliki nilai-nilai seperti nilai biologis dan nilai ekonomi. Nilai ekonomi hutan dapat diartikan sebagai karakteristik atau kualitas barang dan jasa dari hutan yang menyebabkan barang dan jasa tersebut dapat dipertukarkan dengan suatu barang yang lain. Sumber daya alam mempunyai nilai-nilai biologis, ekonomis, budaya dan spiritual yang saling berkaitan: 
a.  Nilai biologis. Sumber daya alam mempunyai nilai biologis apabila memenuhi kritreria:
·         Memiliki sifat yang diturunkan
·         Berevolusi
·         Mengalami seleksi alami
·         Mampu beradaptasi
b. Nilai ekonomis. Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam :
·         Manusia bersifat memilih
·         Manusia bersifat menyeleksi
c. Nilai budaya.Manusia dengan kecerdasannya dapat berupaya menciptakan ide-ide baru untuk memperoleh manfaat yang sebanyak-banyaknya. Contoh:
·         Rotan dapat digunakan untuk bahan kursi dan kerajinan yang lain
·         Kulit ular dapat dijadikan bahan kerajinan
d. Nilai spiritual. Manusia secara sadar dapat merenungkan keagungan sang Pencipta sekaligus merasa kecil atas keagungan-Nya
Nilai ekonomi hutan desa Ainiut kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara yakni :
1.      Nilai langsung (direct value)
          Nilai langsung (nilai yang diberikan kepada produk-produk yang dipanen secara langsung dan dipergunakan oleh orang-orang atau nilai yang berkaitan dengan kenikmatan / kepuasan yang diterima secara langsung  oleh konsumen SDA. Nilai langsung terbagi lagi menjadi:                       
o   Nilai kegunaan konsumtif (untuk barang yang dipergunakan secara lokal atau nilai yang diterapkan pada produk alamiah yang langsung dikonsumsi tanpa meliwati pasar). Seperti: kayu bakar, sayur-sayuran, obat-obatan, bahan bangunan dan hasil buruan yang dikonsumsi secara lokal dan tidak terlihat di dalam pasar nasional / internasional. Contoh di  desa Ainiut nilai langsung yang diamati yakni masyarakat masih menggunakan hutan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan hidupnya yakni dengan memanfaatkan hasil hutan seprti kayu bakar, pupuk organik (kotoran kelalawar) , rotan (dibuat anyaman yang digunakan sendiri tanpa dijual), tumbuhan obat – obatan.
Nilai kegunaan produktif (untuk barang yang dijual di pasar atau produk yang dihasilkan secara komersial atau nilai langsung yang diberikan kepada produk yang diambil dari alam dan dijual ke pasar pada tingkat nasional dan internasional). Produk ini biasanya dinilai dengan metode ekonomi standar pada harga yang dibayarkan sewaktu penjualan dikurangi biaya yang dikeluarkan sampai pada tahap itu bukan pada harga eceran akhir produk. Contoh: hasil hutan seperti asam dan kemiri yang diambil dan dijual, tumbuhan enau yag digunakan untuk pembuatan arak, dan tumbuhan pinang ( buah pinang dijual).
2.      Nilai tidak langsung (indirect value)
Merupakan manfaat yang diperoleh secara tidak langsung. Nilai tidak langsung yang diamati di desa Ainiut yakni : ketersediaan O2 yang cukup tinggi, penyerapan CO2 yang terjadi karena banyaknya tumbuhan, ketersediaan air yang mencukupi kebutuhan masyarakat, hutan terjaga sehingga tidak adanya erosi tanah, banjir maupun tanah longsor, sebagai habitat kura – kura , kelalawar , dan ikan air tawar. Di desa Ainiut masyarakat menggunakan hutan sebagai suatu tempat rekreasi.

3.      Nilai pilihan (option value)
 Nilai pilihan merupakan nilai yang diberikan pada suatu spesies karena potensinya dalam memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat pada suatu saat dimasa datang. Contoh : tumbuhan anonak hutan sebagai obat perut sakit.
4.      Nilai keberadaan (excistance value)
Merupakan nilai yang dimiliki sumber daya  karena keberadaannya di suatu tempat. Di desa Ainiut hutan tersebut masih merupakan hutan adat desa yang dipercaya pada tempat-tempat tertentu memiliki kekuatan magis. Ada sebagian batu yang tidak boleh di sentuh karena merupakan tempat sesajian para leluhur .





Komentar

  1. Make Money – Make money on sports betting today
    Make หาเงินออนไลน์ money, 샌즈카지노 or just make your betting dollars. 바카라 That's the goal of the NFL. In NFL betting, you can bet money on the favorite team (not the opposing team).

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Rosario

Identifikasi Masalah yang ada di Ekowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat